Beberapa Penyebab Jerawat


Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sama halnya dengan jerawat, sebelum jerawat terjadi mengapa kita tidak melakukan pencegahan secara dini agar wajah selalu bersih? Seaiknya perlu diketahui dulu penyebab jerawat agar dapat melakukan langkah-langkah pencegahan secara jitu. Langsung saja berikut ini beberapa penyebab jerawat yang dikutip dari wolipop.
  • Kosmetik. Pemakaian kosmetik memang dapat mempercantik wajah Anda. Namun jika tidak jeli justru akan menyebabkan jerawat. Pemilihan kosmetik yang salah dapat menyebabkan jerawat. Salah satunya memakai bedak atau foundation yang bertekstur creamy atau two way cake. Selain itu, tidak membersihkan wajah setelah memakai make-up juga dapat menyebabkan jerawat. Hindari membersihkan wajah dengan produk yang mengandung alkohol tinggi.
  • Hormon. Jerawat juga dapat terjadi karena hormon. Jika hormon tidak seimbang maka kulit akan dipenuhi dengan jerawat. Hormon yang menyebabkan jerawat disebut hormon Androgen. Hormon ini dapat meningkat produksinya ketika pubertas, stress dan saat mendekati siklus haid.
  • Gaya hidup. Dengan memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, stress dan kurang istirahat dapat menyebabkan hormon Androgen meningkat. Sehingga jerawat dapat muncul.
  • Makanan. Ada ahli yang mengatakan makanan berhubungan dengan jerawat ada yang mengatakan tidak. Namun semua itu kembali pada diri kita masing-masing. Jika kita mengkonsumsi makanan tertentu dapat menyebabkan jerawat, maka hindari. Jika tidak, maka Anda bisa melanjutkannya. Contoh makanan penyebab jerawat seperti kudapan yang mengandung lemak tinggi diantaranya daging, produk susu (susu, yoghurt, keju), beberapa jenis kacang dan makanan dengan kadar gula tinggi (es krim dan coklat).
  • Genetik. Faktor turunan dari orang tua juga dapat menyebabkan jerawat. Jika orang tuanya berjerawat, maka anak juga akan memiliki kelenjar minyak yang produktif, sehingga dapat memicu terjadinya jerawat.
  • Mikroorganisme. Penyebab jerawat yang terakhir adalah bakteri. Bakteri tersebut masuk kedalam kulit tubuh dan membunuh sel-sel baik dengan cara mengeluarkan racun. Sehingga jerawat dapat tumbuh pada area tersebut.
Jika Anda sudah terlanjur terserang jerawat, cara menghilangkan jerawat harus dilakukan dengan benar agar tidak menimbulkan bekas yang menyebabkan noda hitam pada wajah. Cara merawat wajah secara rutin dapat menghindarkan Anda dari penyebab jerawat yang menggangu. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2009 Wulandari Tarigan. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates